Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tutorial Cara Membuat Blog Gratis di HP Android Untuk Pemula


Halo, selamat datang calon Blogger.

Melalui artikel kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang cara membuat blog gratis yang mungkin cocok bagi pemula.

Tutorial cara membuat blog di blogger untuk pemula

Dengan memiliki sebuah blog, hal yang paling menyenangkan adalah kita bisa berbagi pengalaman atau hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca apapun itu yang kita suka, mantap sharing is caring.

Nah, jika kamu membaca artikel berikut ini pas banget deh, mungkin kamu sedang mencari tutorial cara membuat blog dengan mudah dan tentunya gak pake ribet.

Langkah-langkah Untuk Membuat Blog

Untuk pilhan, sebenernya banyak sekali platform untuk membuat blog contohnya seperti wordpress, blogger, tumblr dan lain sebagainya. Tapi disini saya me-rekomendasikan dengan blogger, jadi tentukan pilihanya dulu ya.

Karena dengan menggunakan blogger? Menurut saya (hanya opini) kalau menggunakan platform blogger itu yang jelas gratis, paling populer, sangat mudah dimengerti, dan tentunya cocok sekali untuk pemula.

Kurang lebih seperti itu, lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat blog di blogger? Penasaran? Oke simak caranya sebagai berikut:

Step 1: Login ke Blogger

1. Kunjungi situs resmi blogger berikut ini Blogger untuk membuat blog baru gratis.

Cara membuat blog gratis di blogger

2. Mempunyai alamat gmail usahankan yang fresh (baru) kalau belum punya akun gmail gimana? Silahkan buat akun gmail terlebih dahulu, kemudian setelah itu pilih Berikutnya.

Tutorial cara membuat blog di blogger menggunakan HP

3. Selanjutnya masukan password akun gmail kamu, lalu pilih Berikutnya.

Cara membuat blog gratis di HP untuk pemula

4. Kemudian, kamu harus mengisi nama tampilan yang akan digunakan sebagai profile di blogger. Gunakanlah nama yang lengkap atau bisa juga dengan mengisi nama panggilan kamu, sesuaikan saja dengan apa yang kamu mau, setelah itu pilih Lanjutkan ke blogger.

Bagaimana cara membuat blog di blogger

5. Nanti kamu akan diarahkan ke tampilan halaman kurang lebih seperti gambar dibawah, Nah untuk membuat blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU yang letaknya sebelah kanan atau ditengah.

Tutorial membuat blog melalui hp android - gratis

6. Nanti kamu akan melihat tampilan seperti berikut ini, silahkan isi sesuai dengan pentunjuk pada nomor berikut ini:

Paduan membuat blog gratis di blogger

  • Nomor 1: Isi dengan judul blog baru kamu, misal contohnya Blog Seputar Informasi Download Aplikasi.
  • Nomor 2: Isi dengan alamat url pada blog kamu, misalnya unduhonline.blogspot.com atau bisa dengan mengetikkan unduhonline saja, nanti secara otomatis alamat blognya menjadi unduhonline.blogspot.com, terus jika ada tanda centang disampingnya berarti alamat blog tersebut tersedia.
  • Nomor 3: Jangan lupa pilih tema yang anda sukai untuk digunakan pada blog kamu.

7. Setelah semuanya selesai, lalu pilih Buat blog!

8. Jika kamu mendapatkan tawaran pembelian nama domain seperti digambar berikut ini, pilih Lain kali aja.

Tawaran domain dari google

9. Nah sampai pada tahap ini, kalian sudah berhasil membuat blog baru, selamat ya. Eh tapi, jangan kabur dulu, karena disini saya akan menjelaskan mengenai menu-menu yang terdapat pada blogger, cara menulis konten di blogger, dan cara mengedit tema atau template pada blogger, simak aja yuk.

Step 2: Belajar Memahami Menu di Blogger

Sekarang kita sudah di Dashboard blogger, disini terdapat berbagai banyak menu dan tombol pada blog yang perlu kamu ketahui, Diantaranya sebagai berikut ini:

Setelan menu pada blogger

  • Postingan: Menampilkan semua postingan yang terdapat pada blog kamu, entah itu postingan yang sudah diterbitkan atau yang masih berbentuk draft. Didalam menu ini, kamu bisa edit atau menghapus postingan sekaligus secara cepat.
  • Statistik: Menapilkan statistik pada blog kamu, seperti jumlah tayangan hari ini, kemarin, bulan lalu, sepanjang waktu, dan pengikut. Selain itu juga, kamu bisa menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog kamu dan lain sebagainya.
  • Komentar: Menampilkan komentar yang sudah dipublikasikan, komentar yang masih menunggu persetujuan, dan yang tergolong spam.
  • Halaman: Menampilkan halaman yang sudah kamu buat pada blog kamu, kamu bisa membuat halaman, menghapus dan lain sebagainya.
  • Tata Letak: Kamu bisa kutomisasi pada tampilan blog kamu, bisa juga menambahkan widget sesuai yang kamu mau.
  • Tema: Menapilkan pengaturan pada template atau tema pada blog kamu, disini bisa untuk edit tema, menganti tema, dan lain sebagainya.
  • Setelan: Menampilkan pengaturan lanjutan pada blog kamu, bisa untuk pengaturan dasar, potingan komentar dan berbagi, email, preferensi penelusuran, dan lain sebagainya.
  • Daftar Bacaan: Disini kamu bisa melihat postingan terbaru dari blog-blog yang kamu ikuti.
  • Bantuan & Masukan: Dengan adanya tampilan ini maka kamu bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan blog di Blogger, kurang lebih seperti itu maksudnya.


Step 3: Cara Menulis / Posting Artikel di Blogger

Dibagian ini saya akan menjelaskan untuk cara menulis konten, sebenernya ini hal yang sangatlah mudah sekali. Berikut simak caranya sebagai berikut ini:

1. Klik pada bagian tombol Entri baru.

Cara membuat konten atau postingan di blogger

2. Nah ini, sebelum melangkah lebih jauh lagi untuk menulis konten, tidak ada salahnya untuk memahami menu, tombol, atau navigasi biar lebih jelas, untuk itu mari kita simak:

Cara membuat artikel yang baik dan benar di blogger

  • Nomor 1: Tulis judul konten kamu.
  • Nomor 2: Ada 2 mode dalam menulis konten, diantaranya mode Compose dan mode HTML. Kalau secara default, mode penulisan konten itu menggunakan mode Compose. Nah kalau kamu tidak paham HTML saya sarankan menggunakan mode Compose saja, gak ribet.
  • Nomor 3: Menu formatting tollbar yang digunakan untuk menggolah teks pada konten kamu.
  • Nomor 4: Terdapat beberapa menu pengaturan pada konten, sperti untuk memberi label, jadwal, tauntan permanen, dan lain sebagainya.
  • Nomor 5: Disitu terdapat beberapa deretan yang fungsinya untuk mempublikasikan konten, menyimpan, tutup dan pratinjau konten kamu sebelum diposting.
  • Nomor 6: Disinilah untuk menulis isi konten kamu.

3. Selanjutnya, jikan konten kamu selesai atau siap dipublikasikan, silahkan pilih tombol Publikasikan. Sekedar mengigatkan buat yang kontennya itu berisi ujaran kebencian, konten negatif dan lain sebagainya. Selengkapnya kamu bisa baca pada halaman Kebijakan Konten Blogger

Step 4: Berikut Cara Mengganti / Memasang Template Bawaan di Blogger

Pada umumnya template atau tema default yang ada di blogger itu kurang gimana gitu ya, kek kurang mantep aja hehe. Rasanya jadi pingin ganti template, oke gakpapa. Untuk mengganti template pada blog kamu agar lebih menarik dilihat, silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

1. Kalau belum punya template yang mau diggunakan pada blog kamu, silahkan download template terlebih dahulu. Kamu bisa mencarinya di google dengan keyword "download template gratis" disana nanti banyak template yang bisa kamu download pilihlah sesuai yang kamu suka.

2. Setelah itu, masuk ke menu dashboard blog dan pilih Tema.

Cara menganti template di blogger

3. Selanjutnya pilih Cadangkan / Pulihkan.

Tutorial cara mengganti tema bawaan pada blogger

4. Lalu pilih tombol Pilih file untuk mengupload template yang kamu inginkan.

Tutorial cara mengganti template atau tema di blogger

5. Langkah terakhir, klik pada bagian tombol Upload.


Demikian tentang tutorial cara membuat blog gratis, Mudah bukan? Semoga dengan tulisan sederhana saya ini, dapat menambah pengetahuan dalam membuat blog di Blogger. Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan, silahkan kalian tulis dikolom komentar yang sudah disediakan ya.

Jadikan ngeblog itu sebagai hobi aja, disaat ada waktu luang tuliskan ide-ide yang menarik dan bagikan kepada semua pembaca diblog kamu, yang pasti suka duka ngeblog itu ada, pokonya tetap semangat aja.

Sekian dan terimakasih, Happy ngeblog !

2 comments for "Tutorial Cara Membuat Blog Gratis di HP Android Untuk Pemula"