Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Gampang Menambahkan Syntax Highlighter di Blogger dengan Pastebin


Hallo gaes, pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara menambahkan Syntax Highlighter didalam Blogger menggunakan aplikasi web pihak ketiga yaitu menggunakan Pastebin.


Mengenal Apa itu Pastebin?

Pastebin adalah suatu aplikasi web yang digunakan untuk mengunggah/menuliskan kode program yang kita buat untuk dishare secara publikasi atau bahkan perseorangan. Dalam penggunaan yang paling umum adalah untuk berbagi source code atau bisa juga informasi konfigurasi. Jadi keuntungan menggunakan pastebin yaitu cepat dan mudah sehingga sangat cocok digunakan didalam blog/web maupun yang ingin membagikan kode program ke media sosial.

Terus, Apa itu Syntax Highlighter?

Syntax Highlighter adalah suatu kode dalam postingan untuk menampilkan seperti editor teks yang digunakan untuk bahasa pemrograman, markup, dan script. Singkatnya, fitur Syntax Highlighter dapat mempermudah dan membantu para pengembang/programmer untuk mengirim atau membagikan kode secara online dengan tampilan yang cantik dan rapi. Umumnya biasanya syntax highlighter digunakan untuk keperluan dalam website/blogger seperti tutorial ngoding dan lain sebagainya.

Nah, setelah kalian tahu apa itu pastebin dan apa itu syntax highlighter. Disini saya akan membagikan sedikit tutorial singkat cara membuat syntax highlighter dengan Pastebin, penasaran kan caranya gimana? Yuk, mari kita simak dalam penjelasan berikut ini.

Caranya :

1. Buka website berikut https://pastebin.com
2. Kemudian, pada kolom New Paste isilah kode yang mau kalian tampilkan kedalam blog

3. Pada bagian kolom Syntax Highlighting pilih jenis kode yang mau kalian masukan kedalam positingan nanti, misal code program itu Python berarti harus pilih jenis Python juga.

4. Terus pada kolom Paste Expiration pilih never agar tidak kadaluarsa, itu juga tergantung pilihan kalian masing-masing.
5. Pada kolom Paste Exposure pilih public
6. Klik pada bagian Create New Paste
7. Selanjutnya, ketika sudah selesai akan ditampilkan kodenya pada kolom sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipilih, lalu pilih embed untuk mendapatkan javascript embed.

8. Jika sudah, kemudian copy javascript embed dan paste kedalam postingan kamu, kalau diblogger edit postingan lalu pilih yang HTML.

9. Sudah selesai semuanya, maka hasilnya akan seperti pada gambar ini.


Well, demikian tutorial Cara Membuat Syntax Highlighter di Blogger, gimana menurutmu? Mudah bukan? Jadi menurut saya kalo menggunakan fitur seperti ini maka bisa dibilang tampilan web/blog kamu akan terlihat semakin keren dan lebih rapi.

Oke, mungkin kalo ada yang ingin ditanyakan silahkan monggo, tuliskan saja dikolom komentar.

Sekian, semoga bermanfaat ya. Terimakasih.

Post a Comment for "Cara Gampang Menambahkan Syntax Highlighter di Blogger dengan Pastebin"