Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cuma 10 Detik! Cara Menghapus Background Foto Tanpa Aplikasi - Python


Lagi rebahan scroll-scroll foto yang ada digalery hp, gak tau kenapa tiba-tiba pengen edit foto gitu.

Akhrinya iseng-iseng coba cari aplikasi yang cocok buat menghapus background foto yang ada diplaystore, dan setelah ketemu lalu mencoba ternyata hasil akhir edit fotonya agak kurang memuaskan, anjaylahhh.

Opo meneh iki, kemudian kepikiran mencoba cari website yang menyediakan tempat menghapus background foto, gak lama kemudian setelah ubek-ubek akhrinya nemu website tersebut webnya nama domainya remove.bg , Kemudian saya coba test upload foto yang mau diedit. Pas prosesnya selesai ketika melihat hasilnya ternyata bagus cropnya rapi gitu gak terlalu semrawut, pikirku wah ini mendingan sih daripada sebelumnya hehe.

Ternyata saya baru ngehh, website tersebut menyediakan yang namanya API(Application Programming Interface) api tersebut nantinya bisa digunakan untuk keperluan membuat sebuah program. Bagi yang belum ngerti apa itu api coba cari penjelasan detailnya digoolge aja ya aowkowkaowkk.

Nah darisini saya mulai mencoba memanfaatkan API tersebut untuk membuat program sederhana yang bertujuan untuk menghapus background foto dengan menggunakan Python.

Jadi intinya dari artikel ini saya ingin berbagi tools yang sudah saya buat untuk keperluan edit menghapus background foto. Tujuanya kalo saya sendiri biar gak ribet gitulah pokoknya.

Oke jadi saya rasa ini sudah cukup ngamblehnya, sekarang saya mau ngasih tau cara menggunakanya, mari simak.

# Note
Sebelum install dan menggunakan tools ini alangkah lebih baiknya kalo kalian daftar dulu diwebsite remove.bg biar bisa login. Kemudian habis itu cari ambil api key mu yang sudah disediakan karena nantinya api key ini buat keperluan isi data dipaylodnya, kalo gak ngisi api key nanti toolsnya bakal error. Kalo gaktau gimana cara mendapatkan apinya kebangeten, nanti diweb tersebut bakalan diarahkan kok hehe.

# Install
$ pkg install python
$ git clone https://github.com/0xrohadi/removebg

Jika kalian belum install beberapa modul atau packages didalam script tersebut lakukan installasi agar supaya tidak terjadi error saat mau menjalankanya.

Setelah proses installnya selesai kemudian untuk menjalankanya, ketikan perintah seperti berikut ini:

$ python removebg.py --a api_key_mu --i imagemu.jpg --o hasil.jpg

Kemudian enter tunggu gak sampe beberapa menit proses edit atau menghapus background foto selesai tapi kalo tidak ada error lo ya. Disini saya menggunakan termux ini sekrinsutnya,


Ohh iya biar gak binggung, saya akan jelaskan arti dari commandline tersebut. Simak,,

--a artinya adalah api_key ex: gB4jfL8Ye7k1DNXVou4mYzLb
--i artinya adalah image yang mau diedit fotonya, usahakan file ditempatkan satu folder biar gak binggung
--o artinya adalah output yang nantinya buat menyimpan file dengan nama sesuai yang kalian tuliskan

Berikut ini screenshot punya saya,

Yasudah mungkin cukup segini aja artikelnya, seperti biasanya saya mohon maaf kalo ada penjelasan kata-kata yang kurang dimengerti karena saya juga noob.

Terimakasih, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

1 comment for "Cuma 10 Detik! Cara Menghapus Background Foto Tanpa Aplikasi - Python"

  1. The quality of that image is poor. How can I get without loosing the quality of that image.

    ReplyDelete